BUPATI BANJAR LAUNCHING IMPLEMENTASI QRIS

logo Kabupaten Banjar

Bupati Banjar H Saidi Mansyur resmi melaunching ImplementasiSIAP (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) QR Code Indonesian Standard (QRIS). Launchingdilaksanakan bersama Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan bersama DinasKoperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) di pasar permataCahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Rabu (23/05/2022) pagi.

Launching Implementasi SIAP QRIS di CBS Martapura bertujuanuntuk mempermudah dan membantu pembeli untuk melakukan pembayaran non tunaimelalui aplikasi online bentuk scan barcode.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengapresiasi ImplementasiSiap QRIS di pertokoan permata CBS Martapura ini. Dikatakannya, penerapan QRISdi pasar-pasar seluruh Indonesia, merupakan langkah yang dilakukan pemerintahpusat bekerjasama dengan pemerintah daerah dan perbankan, dalam memperluasakseptasi atau penerimaan pembayaran digital, salah satunya melalui fasilitasipenggunaan QRIS di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan.

Kolaborasi dilakukan Bank Indonesia dengan KementerianPerdagangan ini melalui Program Pasar dan Pusat Perbelanjaan SIAP QRIS yangditerapkan pada pasar di seluruh Indonesia secara bertahap, salah satunya dipasar permata CBS Martapura.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kesadaran parapedagang dan masyarakat sekitar terkait dengan pembayaran menggunakan QRISsemakin meningkat, dan perluasan pasar SIAP QRIS di Kalsel tercapai,”ungkapnya.

Bupati dan wakilnya juga berkesempatan mengunjungi beberapatoko dan sesekali berdialog dengan pemilik toko permata CBS.

Launching Implementasi QRIS di pasar permata CBS Martapurajuga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala DKUMPPKabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati.

Kemudian, Perwakilan Disbudporapar Banjar, Direktur PerumdaPasar Bauntung Batuah Rusdiansyah, dan Kepala BI Perwakilan Kalsel ImamSubarkah.

Sebelum launching penggunaan QRIS di pasar permata CBSMartapura tersebut telah dilakukan pertemuan awal perihal penggunaan aplikasiQris untuk  Retribusi harian Pasar.Antara bank kalsel syariah & PD. Pasar pada tanggal 2 Mei 2022 lalu dikantor Bank Kalsel Banjarmasin. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Bank IndonesiaPerwakilan Kalsel, Bank Kalsel sebagai penyelenggara dan Direktur Utama PDPasar Bauntung Batuah beserta jajarannya.