Dorong Ecosistem Cashless Society, TP2DD Metro Bersiap Gelar HLM dan Luncurkan SiPPOL

logo Kota Metro

Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Metro bersiap menggelar High Level Meeting (HLM) pada Senin 6 November 2023 mendatang.

Kepala BPPRD Kota Metro, Syachri Ramadhan menjelaskan, HLM TP2DD merupakan upaya mempercepat sistem digitalisasi atau elekronik, guna mempermudah pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, serta mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Selain itu juga dalam rangka mendukung tata kelola dan sistem’ pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah,” jelasnya.

Ia juga menambahkan Tugas TP2DD antara lain, adalah mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP), guna meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah.

Acara HLM ini juga bakal diikuti oleh sejumlah Kepala OPD yang terkait dengan pengelolaan retribusi daerah dalam rangka penandatanganan pakta integritas yang disaksikan oleh Walikota, Ketua DPRD dan Perwakilan Bank Indonesia Lampung.

“Beberapa OPD yang terlibat di antaranya adalah BPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, Dinas PUTR, Disporapar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan serta Satpol PP,” ungkapnya.

Syachri menambahkan, selain itu juga akan dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama Pemerintah Kota Metro bersama PT POS, BCA dan Bank Lampung.“Pada kesempatan tersebut juga akan dilakukan peluncuran Sistem Pelayanan Pajak Online atau SiPPOL Kota Metro, pemberian penghargaan tingkat kepatuhan wajib pajak serta diskusi panel HLM,” tambahnya.

Sekretaris BPPRD Kota Metro, Mirza Marta Hidayat menambahkan, SiPPOL merupakan pengembangan lebih lanjut dari CITIGOV. Pemkot Metro sendiri menurutnya adalah upaya rebranding aplikasi CITIGOV dalam upaya mendorong akselerasi digitalisasi pembayaran pajak online sebagai komitmen untuk mendorong digitalisasi dan ETP,” jelasnya.

“Lewat HLM ini BPPRD berharap ada komitmen bersama dalam mendorong percepatan Ecosistem Cashless Society di lingkungan Pemerintah Kota Metro,” pungkasnya.