Bangka Tengah Raih Penilaian Ombudsman Tahun 2021 dengan Predikat Kepatuhan Tinggi Sebesar 87,53

logo Kabupaten Bangka Tengah

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menerima penghargaan dari Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Zona Kepatuhan Hijau dengan Predikat Kepatuhan Tinggi, bertempat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (18/01/2022).

Penilaian kepatuhan yang dilaksanakan oleh Ombudsman ini dimaksudkan untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Bertujuan untuk perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan pada tiap unit pelayanan publik.

Empat OPD menjadi sampel dalam penilaian ini yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja beserta Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan nilai kepatuhan sebesar 87,53.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dalam sambutannya menyampaikan penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman kepada Pemkab Bangka Tengah akan menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Alhamdulillah dengan adanya penilaian dari Ombudsman, menunjukan bahwa Pemkab Bangka Tengah sudah berupaya dalam melaksanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan publik ini dengan baik sehingga maladministrasi dapat dihindarkan," ucapnya.

Dikatakannya lagi, sementara ini ada 4 OPD yang manjadi sampel penilaian dan Pemkab Bangka Tengah dan akan terus berupaya lebih baik lagi dalam pelayanan publik agar dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar secara umum penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman menggambarkan upaya pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kepada masyarakat.

"Kami mengapresiasi hasil yang sudah dicapai oleh Pemkab Bangka Tengah. Harapannya agar indikator dalam penilaian ini dapat saling beririsan dengan indikator-indikator lain baik pada tingkat makro maupun penilaian yang dilakukan oleh kementerian maupun lembaga lainnya,” jelasnya.

“Saya menilai Kabupaten Bangka Tengah sejauh ini sudah menunjukan komitmen serius untuk melakukan perbaikan dalam pelayanan publik dan itu kita apresiasi bersama," sambung Shulby.

Diakhir acara dilakukan penyerahan penghargaan dari Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Bupati Bangka Tengah didampingi oleh beberapa perwakilan OPD.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga kerja dan perwakilan dari Dinas Kesehatan.