Wali Kota dan BI Bahas ETPD dan Ekonomi Berbasis Syariah

logo Kota Pekanbaru

Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT menerima kunjungan Bank Indonesia (BI) perwakilan Riau, pada Rabu (16/6/2021),di Gedung Utama Komplek Perkantoran Wali Kota Tenayan Raya Lantai  6

Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT menerima kunjungan Bank Indonesia (BI) perwakilan Riau, pada Rabu (16/6/2021),di Gedung Utama Komplek Perkantoran Wali Kota Tenayan Raya Lantai V. Ada beberapa hal yang dibahas terkait pertemuan kali ini

Pertama membahas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). ETPD adalah upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah (Pemda) dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital. 

"Alhamdulillah Pemko Pekanbaru sudah 100 persen menggunakan aplikasi cash managament system (cms,red). Sehingga ini juga diapresiasi oleh pihak Bank Indonesia," kata Wali Kota Pekanbaru. 

Untuk sektor pendapatan daerah sendiri, dalam mendukung cms dapat dilakukan melalui , e channel (ATM, EDC, mobile banking, internet/sms banking), e commerce ( buka lapak, toko pedia) dan fintech (OVO, Link Aja, gopay). 

"Untuk Qris Bank Riau Kepri, kita masih menunggu rekomendasi dari OJK. Insya Allah, direncanakan akan diluncurkan pada saat ulang tahun hari jadi Pekanbaru tanggal 23 Juni 2021 nanti," kata Datuk Bandar Setia Amanah ini. 

Mengantisipasi agar Wajib Pajak (WP) tetap patuh, Wali Kota menyarankan agar penerapan cms dilakukan bertahap. 

Lampiran :

Unduh Materi