SOSIALISI QRIS UNTUK PEMBERDAYAAN UKM DAN LAUNCHING PASAR SIDOMAKMUR DAN PASAR INDUK CEPU SIAP QRIS

logo Kabupaten Blora

TALKSHOW RAMADHAN OLEH BPPKAD “SOSIALISASI QRIS UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN UKM DAN LAUNCHING PASAR SIDOMAKMUR DAN PASAR INDUK CEPU SIAP QRIS


SIAP QRIS

SIAP (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) QRIS merupakan inisiatif BI yang berkolaborasi Bersama Kementrian Perdagangan Indonesia dan di tujukan kepada para pedagang di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan di tanah air. Harapannya SIAP QRIS dapat menjadi momentum untuk mempersiapkan pasar dan pusat perbelanjaan dalam memasuki era digitl ekonomi.


  1. 1. Bekerjasama dengan BRI Cabang Blora Pedagang Pasar Sido Makmur sudah diterapkan ke 300 pedagang dari 576 pedagang potensial. UKM di Blora kota dan sekitarnya: 5.998 pelaku UKM (per Maret 2022)
  2. 2. Bekerjasama dengan BRI Cabang CepuPedagang Pasar Sido Makmur sudah diterapkan ke 78 pedagang
  3. 3. Bekerjasama dengan Bank Jateng Cabang BloraPedagang pedagang Koplakan sebanyak 19 pedagang dan 30 pelaku UKM di Kabupaten Blora

Atas kondisi tersebut maka SIAP QRIS di Blora diberikan kepada Pasar Sidomakmur dan pasar Induk Cepu. QRIS juga secara bertahap dimanfaatkan untuk pembayaran pajak dan retribusi melalui aplikasi E-Samin dan E-Retda sehingga selain untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah juga sebagai upaya mendorong masyarakat untuk lebih siap memasuki era digital ekonomi.